Konsep Kendaraan Listrik Perkotaan

Sunday, April 11, 2010

Sebentar lagi akan digulirkan produk inovasi baru dari perusahaan otomotif besar di dunia. Honda baru saja mengumumkan akan memamerkan produk yang sangat revolusioner yaitu kendaraan berkonsep listrik. Alat transportasi produk dari Honda tersebut adalah 3R-C yang dirancang khusus untuk satu orang pemakai dengan rancangan yang sangat menarik, dan berkonsep roda tiga sehingga terlihat tidak seperti kendaraan motor.

3R-C ini diciptakan oleh desainer Eropa yang bekerja di Honda’s Research dan Desain fasilitas di Milan.

Selain bentuknya yang unik dan minimalis konsep kendaraan Honda 3R-C menggunakan system paket baterai lithium ion, dengan nol emisi, sehingga akan cocok untuk transportasi perkotaan.

3R-C ketika sedang diparkir atau tidak digunakan, memiliki kanopi yang mencukupi untuk pengemudi. Dan apabila 3R-C kendaraan bergerak, kanopi menjadi pelindung dari angin yang menyelubungi pengemudi dengan posisi duduk rendah pada kendaraan, serta terdapat pintu juga di sisinya dengan demikian akan memberikan perlindungan pada tubuh pengemudi.

Masing-masing sisi di sebelah tempat duduk pengemudi dirancang cukup tinggi, hal ini akan memberikan keamanan yang lebih besar juga kepada pengemudi dan meningkatkan perlindungan terhadap cuaca yang kurang baik.

Sedangkan di depan pengemudi adalah boot yang bisa digunakan untuk menyimpan tas atau barang lain.

Dengan konsep beroda tiga, baterai listrik Drivetrain cukup rendah yang dipasang pada tiga roda tersebut saat melakukan chasis, hal itu akan menjaga pusat gravitasi dengan tekanan rendah, dengan demikian akan dapat meningkatkan stabilitasnya.

Dengan konsep yang sama Honda juga akan meluncurkan produk lainnya yaitu mobil EV-N yang memiliki kemampuan untuk dapat menggabungkan dua kendaraan kecil menjadi satu. Mobile EV-N ini memiliki panel surya yang letaknya di atap sehingga dapat mengisi mobil ketika sedang diparkir. (Sumber : gizmag.com)

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi