Arloji Berenergi Surya

Sunday, April 11, 2010

Arloji tersebut adalah Cabestan Sol Invictus, yang merupakan alat penunjuk waktu eksklusif dan yang pertama menggunakan energi matahari, hal ini merupakan teknik mesin jam baru yang revolusioner. Pada Sol Invictus terdapat spin (pemutar) yang modern sedangkan mesin penggeraknya menggunakan micromotors, sel surya, dan sistem rantai untuk menciptakan sesuatu yang agak rumit sehingga terkesan sangat unik dan keren pada arloji tersebut.

Ini adalah jam tangan pertama yang menggabungkan rantai & fusée dengan drum dan vertikal Tourbillon dari MTV yang dikombinasikan dengan teknik baru yang sangat revolusioner untuk melakukan producting dan silicium Kristal, serta bisa digunakan untuk menghasilkan sel surya yang sangat efisien dan cocok untuk permukaan yang kecil dengan luminositas rendah. Konon Sol Invictus akan mendapat penghargaan yakni menjadi yang pertama di dunia dalam pemanfaatan teknologi inovatif yang komersial. Untuk harga eceran lonceng ini sekitar $ 563,624.56 US.

Sol Invictus, dirancang oleh Jean-François Ruchonnet dengan Marc Alfieri. Kotak arloji diilhami oleh perancang Marc Alfieri’s, sedangkan Jean-François Ruchonnet membenahinya kembali dengan membuat bentuk yang agak melengkung yang dihiasi Kristal, sehingga akan terkesan elegan, semuanya dirancang guna meningkatkan visability dalam mekanisme yang sangat luar biasa.

Ia juga menambahkan dua panel surya yang dipasang di bingkai logam dengan penyangga pivots yang dirancang secara cerdik. Sedangkan micromotors dapat diisi ulang dengan baterai lithium-ion yang dapat mengatur posisi berlainan (positionned discretely) yang terletak di bawah sel surya.

Terdapatnya dua brushless micromotors pada Arloji Sol Invictus ini adalah pertama untuk memutar ulang gerakan, dan yang lainnya untuk menetapkan waktu. Meski berdiameter 1,9 mm dan panjang 5,5 mm, miniatur controller ini bisa mengatur dan menguatkan muatan listrik, kemudian mengelola dua micromotors melalui program osilator (oscillator) yang dapat menjamin arah serta kecepatan motor. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan motor menggunakan twin-blade (pisau kembar) sebagai kontak elektromekanis yang bisa membuka atau menutup rangkaian listrik (electrical circuit). Sebagai hasilnya adalah sebuah sistem untuk motor penggerak berdasar pada kombinasi yang menarik dalam teknologi baru dan ketrampilan teknik surya elektromekanis abad lalu. sumber: hodinkee

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi