Apple Rilis Layanan Iklan Mobile

Sunday, April 11, 2010

Perang telah memuncak di dunia perponselan sejak Google memperkenalkan sistem operasi mobile “Android” untuk menyaingi produk baru dari rivalnya “Apple’s iPhone”.

Tampaknya memang Apple lebih berhasil dalam diversifikasi pendapatan, pengembangan perangkat lunak dan pelayanan substansial bisnis, termasuk download iTunes, iPhone langganan nirkabel, dan App Store download.

Beberapa waktu lalu Mediapost memberitakan Apple sedang mempersiapkan sebuah platform iklan mobile yang disebut “iAd”. Apple beralih ke iklan mobile adalah sesuatu yang sangat mengejutkan. Karena pada bulan Januari lalu, Apple membeli perusahaan iklan mobile Quattro, setelah Google menyambar admob. Dan bila ini terjadi, maka Apple dengan Google akan kembali bersaing. Apple berusaha untuk mengambil kendali atas iklan mobile dari Google. Karena Google yang telah membeli AdMob sebagai penyedia layanan iklan mobile terbesar saat ini.

Yang menjadi pertanyaan dapatkah Apple berhasil di pasar yang tidak pernah menjadi bagian dari model bisnis utamanya? Tentunya pertanyaan tersebut belum bisa terjawab, setidaknya pada Minggu-Minggu mendatang akan terlihat bila Apple tidak mengumumkan persisnya seperti apa platform iAd tersebut.

Sekilas layanan iklan mobile yang ditawarkan Apple yang diperlihatkan pada “App Store Tip”, iklan mobile Apple masa depan yang diterbitkan pengembang dari apps yang diciptakannya “menggunakan informasi berbasis lokasi terutama untuk mobile yang memungkinkan pengiklan untuk mengirimkan iklan yang ditentukan berdasarkan lokasi pengguna.”
sehingga konsumen akan mendapat iklan berdasarkan lokalitas mereka pada waktu tertentu.

Berdasarkan sumber dari MP’s, bahwa Steve Jobs mengatakan sistem iklan mobile baru “iAd” diibaratkan sebagai “hal besar berikutnya” dan “revolusioner” yang akan menjadi sebuah platform iklan mobile pribadi.

Sumber Mediapost dalam laporannya juga mengatakan bahwa iAd, dalam “setiap bit akan sama pentingnya dengan produk baru lainnya yang diperkenalkan pada pasar, termasuk iPod, iTunes, iPhone dan iPad”.

Sedangkan untuk perilisannya yang dilaporkan versi MediaPost adalah bahwa iAd akan memulai debutnya di 7 April kemarin, setelah empat hari iPad resmi diluncurkan.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi