Wajah Baru Facebook Di Hari Ulang Tahunnya

Monday, April 12, 2010

Disela-sela perayaan ulang tahun peluncurannya yang ke 6. Facebook baru saja menggulirkan desain homepage baru ke beberapa pengguna, dan rencananya dalam waktu dekat akan menggelar pada skala yang lebih luas lagi. Nantinya pada desain yang baru akan mengambil elemen-elemen navigasi sebelumnya yang terselip di bawah menu “Aplikasi” dan mengembalikannya ke sebelah kiri sidebar of page.

4 Februari lalu Facebook merayakan ulang tahun peluncurannya. Sementara tanggal pasti berdirinya tidak benar-benar jelas (yaitu semenjak sejak Mark Zuckerberg sang pendiri tengah bekerja keras mengembangkan situs jejaring social ini hingga akhirnya diluncurkan). Meski demikian itu bertanda tonggak utama untuk pertumbuhan perusahaan dari satu ruang di dunia alat komunikasi terbesar, yang mencapai lebih dari 375 juta pengguna setiap bulan.

Dalam perkembangannya yang sangat pesat, Facebook melakukan perubahan-perubahan pada desain terbarunya secara berkelanjutan (continue), yakni pada versi barunya kali ini dapat menunjukkan lokasi baru untuk Facebook Chat.

Sementara volume pengguna yang diuji dengan desain baru tampak meningkat, Facebook semakin jelas melakukan proses secara terus menerus dalam membuat penyesuaian. Perubahan yang paling signifikan dalam iterasi terbaru ini adalah penyesuaian dari chatting. Selain itu, Facebook terlihat lebih bersih, halus dan lebih mudah digunakan daripada desain yang lama.

Selain itu pada desain UI disertakan pula perangkat tambahan, seperti jendela pop-over, yang memiliki kemampuan untuk mengirim pesan langsung dari situs kita daripada harus mengunjungi halaman secara terpisah. Ada juga penekanan baru yang bisa kita gunakan pada search-note (catatan pencarian), yang mana lebih besar kotak pencarian, dan penempatannya-pun lebih terpusat pada halaman.

Perubahan juga terlihat pada News Feed filter dan daftar teman-teman yang telah dihapusnya ( dimaksudkan agar tidak lagi mengambil seluruh sisi kiri bar). Tidak lain juga pada penamaan dari dua situs yang berbeda aliran, seperti Live Feed dan News Feed juga telah mengalami perubahan. Namun keduanya masih tetap menjadi bagian dari News Feed yang sekarang, dengan pembaruan di bawah tab “Most Recent” dan highlights di bawah “Top News”.

Bagi Facebook desain baru bukanlah kejutan besar, karena Facebook telah menguji variasi dari desain dalam beberapa waktu. Dan nantinya mereka akan kembali lagi pada bulan Oktober untuk mengumumkan bahwa mereka akan bergerak banyak dari elemen-elemen navigasi ke sebelah kiri layar.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi