Outlook 2010 Perkaya Fitur Social Connector

Monday, April 12, 2010

Microsoft bersama mitranya akan memperkaya fitur Social Connector pada Outlook 2010. Bulan November 2009 lalu, saat Konferensi dengan Pengembang Profesional, Microsoft mengumumkan peluncuran versi beta Office 2010 kepada publik, perusahaan software raksasa ini dengan mitra bisnisnya Linkedln juga memperkenalkan produk barunya yang sama sekali orang belum pada mendengar informasi sebelumnya. Produk tersebut adalah Outlook Social Connector (OSC).

OSC adalah pengaya fitur untuk aplikasi Outlook. Panel tambahan ini dapat memberikan kita informasi tentang status kontak yang terdapat pada email. Dalam pengaturan yang sama kita juga dapat melihat gambar dari kontak, dan selanjutnya dalam waktu yang bersamaan kita akan bisa terkoneksi ke facebook dan twitter.

Diawal peluncuran Microsoft dengan mitranya LinkedIn, tidak memiliki banyak rincian tentang produk saat mengumumkannya, namun mereka menyatakan bahwa itu akan tersedia di ‘awal 2010′.

Berdasarkan sumber-sumber yang ada versi beta OSC untuk publik akan tersedia pekan ini di bulan pebruari, selain Microsoft juga akan mengumumkan sejumlah mitra tambahan yang telah dibawanya bersama LinkedIn, termasuk juggernauts jaringan sosial Facebook dan MySpace, yang tentu saja jauh lebih sedikit berorientasi bisnis dibandingkan produk dan layanan seperti Outlook dan LinkedIn.

Direktur Pengembangan Produk, LinkedIn, Elliot Shmukler, mengatakan bahwa ide dasar di balik produk ini untuk membawa nilai LinkedIn ke dalam lingkungan profesional untuk melakukan pekerjaannya dan Outlook juga memiliki fundamental userbase profesional. Selain itu LinkedIn juga bermitra dengan IBM Lotus Notes dan Xobni, menyediakan integrasi yang sama. Tapi bagaimana dengan Google Apps? Shmukler menolak memberikan komentar langsung pada kemitraan yang potensial tapi tidak mengatakan bahwa akan ada masa depan integrasi dengan klien email tambahan dalam waktu dekat.

Pada dasarnya produk ini bertujuan untuk membuat Outlook lebih sosial lagi, dalam arti akan lebih profesional dan memberikan konteks sosial lagi dalam pengelolaan email. Bila kita menerima email dari kontak yang kebetulan menjadi anggota LinkedIn, Outlook akan menampilkan panel yang dilipat dan akan menampilkan informasi tentang kontak kegiatan terbaru di Linkedln. Dengan mengintegrasikan aliran dari Windows Live dan jaringan pihak ketiga secara langsung ke pengguna aplikasi komunikasi yang digunakan secara luas dan syarat dengan antarmuka, di antara fitur lain yang akan dapat meningkatkan fungsionalitas Outlook dan produk lainnya seperti Microsoft SharePoint. Seperti akun facebook, twitter, friendster, linkedIn, Digg dan lainnya. Mengupload gambar, video, photo, juga update status langsung dari Outlook bisa dilakukannya. Selain itu kita bisa menyimpan alamat website, alamat facebook atau twitter temanmu, langsung masuk kedalam Contact. Yang menarik lagi fitur yang sama juga bisa ditemukan di iphone. Selain itu sekarang kita bisa langsung menggabungkan beberapa email yang masuk dengan menggunakan label dan tag.

Untuk masalah penanggalan sekarang dapat disinkronisasikan dengan social calendar yang tersedia pada facebook, atau google calendar. Bagi pengguna Gmail for Office dapat menambahkannya langsung akun gmail office ke dalam Outlook, sehingga bisa langsung diketahui semua yang ter-upadate tanpa menutup Outlook dan juga tanpa harus menggunakan Exchange Server Microsoft saat melakukanya.

Dimungkinkan pada versi beta OSC ini, tidak sedikit orang akan menghargai kinerja dan kemampuannya dalam melihat pembaruan status dan berinteraksi dengan teman-teman dari beberapa layanan jejaring sosial secara langsung dari aplikasi Outlook.

Sumber : klik disini

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi