Menggambar Via Papan Tulis Online

Tuesday, April 13, 2010

Perlahan tapi pasti, Google terus berusaha untuk mengembangkan layanan di dunia maya. Setelah beberapa waktu yang lalu aplikasi Google Docs, spreadsheet, dan aplikasi presentasi online gratis diluncurkan, kali ini google akan menambahkan aplikasi baru yang diberi nama google drawing, yaitu aplikasi untuk menggambar secara online dan gratis pula. Nantinya aplikasi Google Drawing ini akan bersama dalam satu paket dengan aplikasi Google Docs, spreadsheet, dan aplikasi presentasi yang sudah eksis lebih dulu. Dengan demikian Google Docs dan Spreadsheets akan semakin mendapatakan update realtime besar. Seperti yang diumumkan pada acara Atmosfer Google baru-baru ini.

Google Office Suite atau biasa disebut Google Docs, update dengan melakukan perubahan besar yang difokuskan pada peningkatan secara signifikan dengan mengkolaborasikan dokumen di Docs.

Itu berarti fitur baru seperti real time Google Wave's, editing oleh karakter-karakter untuk beberapa pengguna, spell check as-you-type, sistem komentar baru, dan masih banyak lagi fitur lainnya juga akan tersedia.

Google Drawing tidak hanya untuk dibaca melainkan sebuah aplikasi untuk menggambar dengan menggunakan sebuah papan tulis online. Aplikasi ini dirancang untuk membantu orang memvisualisasikan ide-ide atau gagasannya melalui diagram alur(flow chart), diagram, dan stensil. Pada aplikasi tersebut dilengkapi pula chat window (jendela obrolan), yang memungkinkan para peserta dapat berpadu dan berpartisipasi untuk masuk. Di Google Drawing ini nantinya gambar dapat diimpor dan juga dapat bergerak. Tapi sayangnya tidak ada pilihan untuk gambar freehand. Dari hasil pengalaman Google Drawing akan dapat berjalan dengan baik dengan browser yang mendukung HTML5 seperti (Chrome, Safari, Firefox, IE9 bila mendukung SVG). Dan rencananya di tanggal 3 Mei mendatang Google Docs juga akan menghentikan akses off-line melalui Google, dan kemudian akan membawanya kembali melalui HTML5.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi