Verizon 4G LTE Tingkatkan Kualitas Suara

Sunday, February 27, 2011

Seperti yang diceritakan CNN.com bahwa Verizon Wireless kini menjanjikan kualitas suara yang lebih baik untuk panggilan telepon dan mampu memberikan layanan suara yang lebih baru pada jaringan LTE “4G”.

Brian Higgins, direktur eksekutif pengembangan ekosistem di Verizon Wireless, juga berbicara di CNN yang mengatakan bahwa perusahaan akan menawarkan layanan suara melalui jaringan LTE tahun depan. Dengan layanan LTE tersebut dianggapnya kualitas suara akan lebih meningkat yang didukung audio dengan definisi tinggi.

Rencananya Verizon Wireless akan meluncurkan jaringan LTE pada bulan Desember, dan tidak lama lagi akan memulai debutnya untuk menjual smartphone yang menggunakan jaringan tersebut.

Ketika ponsel LTE pertama kali mencapai hit di pasaran, mereka masih menggunakan Verizon tradisional jaringan CDMA untuk memberikan layanan suara, sedangkan perusahaan jaringan LTE yang baru akan memberikan layanan data yang lebih cepat. Namun Higgins mengatakan kepada CNN bahwa perusahaan akan segera dapat menawarkan layanan suara melalui jaringan LTE, yang akan meningkatkan kualitas panggilan.

Telepon Verizon ini juga memungkinkan dapat menangani layanan data dan suara pada saat yang sama. Pada versi ini chip CDMA di ponsel Verizon tidak memperbolehkan layanan data dan suara dikirimkan secara bersamaan. Hal tersebut bisa dibuktikan seperti pada AT & T yang telah menunjukkan dalam pemasaran sebagai perbedaan utama antara layanan ponsel 3G dan layanan Verizon. Verizon merupakan perusahaan pertama yang menjual iPhone AT & T setelah tiga setengah tahun yang secara eksklusif ponsel Verizon iPhone tersebut akan dijual di AS diakhir pekan ini.

Layanan suara LTE baru pada jaringan Verizon akan memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menawarkan layanan video obrolan, seperti layanan video obrolan lainnya yang tersedia pada ponsel saat ini, dan juga kualitasnya yang kurang begitu bagus di beberapa ponsel tertentu dan juga tidak sedikit yang kinerjanya kurang(tidak lebih) dari layanan seluler 3G pembawanya. Sebagai contoh, hari ini pelanggan iPhone AT & T dapat menggunakan aplikasi Apple FaceTime, namun hanya bisa bekerja melalui jaringan Wi-Fi. Apple bekerja untuk menguji layanan melalui jaringan nirkabel 3G, seperti yang dikatakan CNN.

Skype juga memungkinkan pengguna nirkabel untuk melakukan panggilan video melalui jaringan 3G, tapi kualitasnya kurang besar. CNN melaporkan bahwa Verizon Skype juga menjalin kerja sama dalam fitur video conferencing.

Minggu depan Verizon LTE juga berencana akan menunjukkan performa mengenai panggilan melalui internet di Ttradeshow Mobile World Congress, Barcelona. Salah satu artikel CNN juga menyampaikan, verizon akan memamerkan fitur baru pada Revolusi LG, Google Android smartphone baru yang diumumkan pada Consumer Electronics Show di Las Vegas bulan lalu.

Akan tetapi layanan ini tidak akan tersedia bila revolusi LG meluncurkan akhir tahun ini. Verizon mengharapkan suara melalui LTE akan tersedia di tahun depan.

Dick Lynch, mantan CTO Verizon Communications, pada pameran dagang Mobile World Congress, Barcelona tahun lalu mengatakan, yang akan mendapatkan suara melalui LTE berpeluang jumlahnya sangat besar. Tapi dengan ketentuan telah mengadopsi standar baru sekitar setahun yang lalu oleh anggota asosiasi GSM, yang telah membantu menyelesaikan banyak isu-isu tersebut.

Nantinya jaringan LTE Verizon diluncurkan di 38 pasar pada bulan Desember akhir tahun 2011 yang dapat melayani 200 juta orang dengan layanan tersebut. Dalam 18 bulan, Verizon juga mengatakan akan mempersebar jaringan di seluruh negeri dengan layanan ini, yang melayani sekitar dua pertiga dari pengguna di tapak 3G wireless. Yang pada akhirnya verizon akan menawarkan LTE 3G tersedia di mana-mana. Dan diperkirakan di akhir tahun 2013, layanan akan tersedia untuk lebih dari 285 juta pelanggan yang potensial. (Solikhin, STMIK HIMSYA Semarang)

Sumber : klik disini

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi