Meebo Pelopori Pemintar Situs Sosial

Tuesday, April 20, 2010

Bagi mereka yang pernah mencoba menggunakan salah satu dari widget untuk berbagi yang tersedia di web, tentu mengetahui bahwa begitu banyak tersedia layanan web yang mendukung situs untuk berbagi tersebut. Hal seperti inilah yang merupakan sebagai tantangan bagi penerbit atau penyedia web untuk selalu menyediakan atau menunjukkan widget-widget terbaru bagi para pengguna atau anggotanya. Tak terkecuali situs-situs penyedia layanan sosial besar seperti facebook dan twitter yang sedang populer saat ini.

Bersama mitranya seperti Google, Yahoo, Microsoft, MySpace, JanRain, Disqus dan Gigya, kali ini meebo telah mengembangkan standar terbuka baru yaitu Xauth yang berpotensi untuk mengembangkan lebih banyak lagi.

Xauth adalah sebuah situs dengan platform terbuka untuk memperluas layanan pengguna yang terotentikasi di seluruh web.

Dengan berpartisipasi pada layanan tersebut akan menghasilkan tanda/bukti pada browser untuk setiap pengguna atau anggotanya. Penerbit kemudian dapat mengenali kapan pengunjung situs yang login ke layanan tersebut secara online dan dengan beberapa opsi yang relevan.

Disini pengguna dapat memilih untuk mengotentikasi secara langsung dari situs penerbit dan menggunakan layanan untuk berbagi, berinteraksi dengan teman-teman, atau berpartisipasi dalam komunitas situs. Dengan demikian terbukti bahwa Xauth bisa melakukan apa saja dan merupakan layanan jasa yang fleksibel untuk menentukan tingkat akses apa pun yang mereka pilih (diinginkan).

Manfaat

Untuk penerbit situs, beberapa permintaan HTTP yang diperlukan untuk mengenali setiap layanan online yang berpotensi lambat dan tidak efisien. Disini Xauth menyediakan domain pusat (http://xauth.org) dengan perpustakaan yang berkode JavaScript ringan yang dapat diakses melalui permintaan HTTP tunggal.

Pengguna, dalam hal ini pengguna sering disajikan dengan berbagai layanan sosial saat browsing situs. Xauth juga akan memberikan pengalaman dan menawarkan kepada pengguna untuk segera berpartisipasi mengakses layanan yang berguna bagi mereka.

Penyedia layanan, keikutsertaan penyedia layanan dalam Xauth dapat mencapai userbase yang berada di web mana saja yang tidak kalah dengan layanan sosial lainnya yang memungkinkan bisa bersaing dalam setiap ruang pada situs penerbit. Para penyedia layanan memiliki kontrol penuh atas fitur yang memungkinkan mereka untuk situs penerbit. Xauth juga membuktikan bisa satu bit dalam memperlihatkan keberadaan pengguna otentik, atau bisa menjadi ID pada info profil publik melalui API panggilan dari penerbit.

Pengguna juga dapat memutuskan layanan data ke situs melalui Xauth. Bahkan setiap saat dapat melihat dan memodifikasi pada tanda bukti browser Xauth, di alamat xauth.org /

Sedang untuk pengembang yang ingin melihat spesifikasi Xauth dan mengeksplorasi panggilan Xauth di alamat xauth.org / spec /

Info detilnya bisa kunjungi di situs http://xauth.org/

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Koleksi Informasi